Universitas Saintek Muhammadiyah Gelar Baitul Arqam Mahasiswa II

Universitas Saintek Muhammadiyah Gelar Baitul Arqam Mahasiswa II

Admin Dec 21, 2022 16:14 1.252
Universitas Saintek Muhammadiyah Gelar Baitul Arqam Mahasiswa II

Universitas Saintek Muhammadiyah menggelar acara Baitul Arqam Mahasiswa II dengan tema "Internalisasi Nilai Kemuhammadiyahan Untuk Mahasiswa Berkemajuan". Acara dihelat di Kampus Universitas Saintek Muhammadiyah pada hari Jumat 16 Desember 2022. Turut hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut Rektor Universitas Saintek Muhammadiyah Dr. faiz Rafdhi, M.Kom, Wakil Rektor I Imam Suprapta, MM, Wakil Rektor II Mochammad Arief Sutisna, M.Kom. 


Sementara itu, Wakil Rektor II Mochammad Arief Sutisna, M.Kom dalam sambutannya mengungkapkan program Baitul Arqam Mahasiswa II merupakan pembinaan keislaman dan kemuhammadiyahan yang merupakan ciri khas Universitas Saintek Muhammadiyah. Selain memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Baitul Arqam. 

“Acara Baitul Arqam Mahasiswa II merupakan salah satu syarat yudisium sebelum wisuda, sehingga diharapkan seluruh peserta mengikuti dengan baik dan tuntas, sehingga tidak mengalami kesulitan menjelang wisuda nanti dan diharapkan ilmu yang didapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari" ungkapnya.

Ketua Panitia Ikhsan Hakim, M.S.I melaporkan bahwa peserta Baitul Arqam Mahasiswa II berjumlah 39 orang. Mereka berasal dari Fakultas Ilmu Komputer. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari dua malam, Jumat hingga Ahad, 17 -18 Desember 2022.

“Landasan hukum Baitul Arqam Mahasiswa adalah Sistem Perkaderan Muhammadiyah, yang kedua SKPP Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan yang ketiga adalah pola pembinaan mahasiswa Universitas Saintek Muhammadiyah," ungkapnya.

Instruktur Baitul Arqam yaitu Ikhsan Hakim, M.S.I sebagai Master of Training, HM. Firdaus sebagai Imam of Training. Dalam pelaksanannya, lanjut dia, terdapat berbagai kegiatan seperti sholat lail, pemaparan materi yang bertujuan untuk refresing dan recharging bagi mahasiswa calon lulusan Universitas Saintek Muhammadiyah. Baitul Arqom Mahasiswa ini diharapkan tidak menjadi beban, tapi justru menggembirakan.


Adapun materi yang disampaikan selama tiga hari kegiatan berlangsung, seperti Hakikat Islam: Makna Ibadah dan Akhlak oleh Drs. H. SM. Hasyir Alaydrus, S.Sos.I., MM, Team Building oleh Dr. Faiz Rafdhi, M.Kom. Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah: Profesi oleh Himawan Dwiatmodjo, S.H., LL.M.   Dinamika Kepribadian oleh Habibah Nur Fauziah, M.Si. Membangun Jaringan dan Negoisasi oleh Muhammad Raihan Febriansyah, M.Si. Manajemen Konflik oleh Muhammad Arief Sutisna, M.Kom. Manhaj Tarjih Muhammadiyah oleh Fahmi Firmansyah, MA. 

Pada hari terakhir kegiatan ini melaksanakan Daurah Jenazah yang disampaikan oleh Siti Fatimah, MA. materi ini bukan hanya sekedar teori tapi juga praktek  pemulasaran jenazah, sehingga nanti diharapkan mahasiswa lulusan Universitas Saintek Muhammadiyah disamping memiliki ilmu sains juga memiliki pengetahuan agama.