Anwar Abbas Raih Suara Terbanyak di Tanwir Muhammadiyah, Inilah Sosoknya

Anwar Abbas Raih Suara Terbanyak di Tanwir Muhammadiyah, Inilah Sosoknya

Warso Pitoyo Nov 19, 2022 15:22 257
Anwar Abbas Raih Suara Terbanyak di Tanwir Muhammadiyah, Inilah Sosoknya

Hasil Putusan sidang Tanwir yang dilaksanakan pada Jum'at, (18/11) menghasilkan 39 calon anggota PP Muhammadiyah. Adapun perolehan suara terbanyak dari 39 orang tersebut yakni Buya Anwar Abbas yang memperoleh 190 suara.


Anwar Abbas mempunyai nama lengkap Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag. lahir pada 15 Februari 1955 adalah seorang ulama, dosen, dan ahli ekonomi Islam Indonesia. Saat ini beliau masih menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025, yang Sebelumnya merupakan Sekretaris Jenderal MUI (2015-2020) dan salah seorang Ketua di Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2015-2020).

Berdasarkan Wikipedia, Anwar Abbas lahir di Jorong Balai Mansiro, Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Menikahi seorang perempuan bernama Nurlaili dan memperoleh tiga orang anak bernama Hero Adela, Dini Amalia, dan Erika Firdausi Amali.

Beliau mendapatkan gelar Magister Agama dengan konsentrasi ekonomi Islam di Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Magister Manajemen dari STIE-IPWI Jakarta, untuk gelar Doktor Syariah/Pemikiran Islam ia dapatkan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2008.

Anwar Abbas berkarier sebagai dosen tetap PNS Program Studi Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta dan kini sudah pensiun sebagai dosen terhitung sejak 1 Maret 2020. Pernah menjabat Wakil Rektor II dan IV Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Jakarta yang sekarang bernama UHAMKA. Ia juga dipercaya menduduki jabatan sebagai Direktur Sumber Daya Manusia Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur. Pernah diangkat juga sebagai Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Utusan Golongan periode 1997-1999.

Dalam Persyarikatan Muhammadiyah, Anwar Abbas pernah dipercaya menjabat sebagai Bendahara Umum PP Muhammadiyah dan pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Terakhir beliau adalah Ketua PP Muhammadiyah membidangi Tabligh. Saat ini periode Muktamar 48 Muhammadiyah di Surakarta, Anwar Abbas menjadi suara terbanyak di ajang Tanwir jelang pelaksanaan Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.