Semarak Muktamar Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Ke 48

Semarak Muktamar Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Ke 48

Warso Pitoyo Nov 12, 2022 15:40 346
Semarak Muktamar Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Ke 48

Permusyawaratan tertinggi ini awalnya bernama Kongres Muhammadiyah namun dalam perkembangannya berganti menjadi Muktamar Muhammadiyah, Muktamar Persyarikatan yang didirikan K.H. Ahmad Dahlan ini diselenggarakan setiap lima tahun.

Kongres sendiri awalnya itu setiap tahun digelar tapi setelah itu menjadi tiga tahunan. Sekarang ini sesuai dengan Anggran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah dilakukan setiap lima tahun,

Muktamar Ke-48 Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah direncanakan dilaksanakan 1-5 Juli 2020 tapi diundur ke 24-27 Desember 2020 karena kondisi pandemi Covid-19.

Namun karena pandemi Covid-19 belum juga mereda maka diputuskan muktamar digelar pada 2022. Hanya khusus yang ke-48 ini mestinya itu lima tahunnya itu pada tahun 2020, tapi karena sesuatu hal mengharuskan kita menjaga penularan pandemi, sehingga baru akan dilaksanakan tahun 2022 ini.

Sebelumnya diberitakan, semarak Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah di Solo, Jawa Tengah tidak hanya dinikmati oleh warga Muhammadiyah di dalam negeri.

Warga Persyarikatan Muhammadiyah yang di luar negeri pun akan datang guna memeriahkan kegiatan muktamar yang tertunda dua tahun karena pandemi Covid-19 itu.

Berbondong-bondongnya warga Muhammadiyah ke muktamar yang akan digelar 18-20 November 2022 itu membuat hotel-hotel di Solo dan sekitarnya penuh. Panitia memanfaatkan sejumlah fasilitas milik sekolah Muhammadiyah untuk menampung para penggembira.

yang tak kalah pentingnya warga Muhammadiyah dari luar negeri yang sudah konfirmasi hadir di Solo adalah Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Mesir dan Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) Malaysia. Keduanya masing-masing akan mengirim puluhan penggembira ke ajang Muktamar Muhammadiyah di Solo.