Penting, Membangun Remaja Berkarakter

Penting, Membangun Remaja Berkarakter

Warso Pitoyo Feb 02, 2023 22:48 1.010
Penting, Membangun Remaja Berkarakter

Pada usia Remaja sangatlah penting untuk melihat jadti dirinya sehingga dapat melakukan hal hal yang produktif didalam bermasyarakat maka diperlukannya wawasan remaja yang memiliki karakter.

Remaja yang berkarakter adalah remaja yang memiliki religius, sehat, cerdas serta produktif, Remaja yang berkarakter adalah penting untuk membangun dan menumbuhkembangkan produktifitas remaja di era globalisasisaat ini. 

Dan hal ini sangatlah penting dilakukan mengingat diera globalisasi ini, banyak remaja kita yang terjebak dalam kehidupan hedonistik yang mendewa-dewakan keduniawian yang disertai dengan berbagai perilaku negatif seperti merokok, menyalahgunakan narkoba,  pergaulan di luar batas dan tawuran baik di masarakat maupun sesame remaja itu sendiri. 

Terkadang remaja itu sendiri masih dihinggapi sifat pemalas, lemah pendirian, dan mudah putus asa, remaja sekarang memang memiliki banyak godaan. Dan ini terkait dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang memberikan peluang seluas-luasnya pada remaja untuk mengakses bukan hanya pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat untuk memajukan kehidupan manusia. Tetapi juga untuk mengakses hal-hal yang berbau pornografi, kekerasan dan tipu daya.

Untuk mengatasi hal tersebut, anak harus disiapkan menjadi remaja ideal sejak dini. Remaja ideal ini diharapkan memiliki karakteristik selalu bersemangat, cerdas berpikir, sehat jasmani, produktif, banyak berteman, senang belajar dan memiliki cita-cita tinggi.

Remaja ideal yang kemudian kita sebut sebagai remaja berkarakter ini hanya dapat terbentuk apabila mereka selalu mendapat bimbingan dan arahan dari Tri Pusat Pendidikan diantaranya Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Untuk itulah diperlukan ragam kegiatan kreatif yang mereka sukai baik di bidang olahraga, seni dan budaya, iptek maupun berbagai kegiatan sosial maupun cinta alam.