Malam Ta’aruf Pesantren Mahasiswa Al-Jazari Universitas Saintek Muhammadiyah

Malam Ta’aruf Pesantren Mahasiswa Al-Jazari Universitas Saintek Muhammadiyah

Admin Oct 12, 2022 15:16 417
Malam Ta’aruf Pesantren Mahasiswa Al-Jazari Universitas Saintek Muhammadiyah

    Pesantren Mahasiswa Al-Jazari Universitas Saintek Muhammadiyah mengawali program Tahun Akademik 2022/2023 dengan digelarnya kegiatan Malam Ta'aruf di Masjid Al-Khawarizmi kampus Universitas Saintek Muhammadiyah (11/10/). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan sebagai pembuka program kepesantrenan. Rektor Saintek Muhammadiyah, Bapak Dr. Faiz Rafdhi, M.Kom menyambut secara langsung penghuni pesantren mahasiswa baru. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I Universitas Saintek Muhammadiyah Imam Suprapta, S.E., M.M. Wakil Rektor II Mochammad Arief Sutisna, M.Kom dan Wakil Rektor III Himawan Dwiatmodjo, S.H., LL.M.

    Rektor menyatakan penamaan pesantren mahasiswa Al-Jazari diambil dari nama seorang ilmuan muslim yang bernama Ismail Al-Jazari pada abad ke 13 yang dikenal Bapak Robot pertama. Penemuan robot ciptaan al-Jazari beroperasi berkat bantuan tenaga air (hidrolik). Begitu juga Al Khawarizmi sebagai nama masjid Universitas Saintek Muhammadiyah diambil dari nama seorang ilmuan muslim Muhammad bin Musa Al Khawarizmi yang dikenal bapak Algoritma, penulis buku Al-Jabar wal Muqabala. Diharapkan sebagai mahasiswa yang dibina di Universitas Saintek Muhammadiyah mengikuti jejak para ilmuan muslim dalam mencari ilmu dan sains, ungkapnya.

    Dalam pembinaan keislaman diharapkan mahasiswa Pesantren telah lulus program TIK (Tilawah Ibadah Kitabah) selama tinggal di Pesantren Mahasiswa Al-Jazari. Program ini sebagai salah satu ciri khas pembinaan keislaman di lingkungan Universitas Saintek Muhammadiyah, pungkasnya.

    Wakil Rektor III Himawan Dwiatmodjo, S.H., LL.M. membidangi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kata sambutannya beliau memberikan nasehat . Sebagai mahasiswa baru, pergunakanlah waktu sebaik-baiknya untuk menambah ilmu dan pengalaman, karna kuliah itu hanya empat tahun. Beliau menyampaikan hadis nabi Muhammad Saw bahwa ingin sukses dunia harus dengan ilmu, begitu juga dengan akhirat harus dengan ilmu. Dan beliau menekankan salah satu kewajiban mahasiswa di Pesantren adalah memakmurkan masjid.

    Kegiatan Malam Ta'aruf  tidak hanya dihadiri mahasiswa baru namun juga seluruh penghuni pesantren mahasiswa yang lama. Acara penutupan diakhiri dengan pembacaan Tata Tertib Pesantren oleh Ikhsan Hakim, M.S.I selaku Kepala Pesantren Mahasiswa Al-Jazari Universitas Saintek Muhammadiyah.