Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM)

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM)

Admin Mar 28, 2023 15:01 557
Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM)

(19-20/03) Badan Eksekutif Mahasiswa SaintekMu melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa yang mana kegiatan tersebut merupakan salah satu perkaderan untuk membentuk dan memberikan bekal segala hal yang berkaitan tentang kepemimpinan, mulai dari melatih jiwa kepemimpinan mereka serta menggali potensi diri mereka sebagai pemimpin yang kompeten di Organisasi SaintekMu.


Seperti halnya yang dibawa saat pembukaan oleh Ketua Pelaksana LDKM Akhmad Iqbal Ramadhan, "Dengan adanya LDKM ini semoga dapet menjadi ajang perkaderan untuk memajukan dan mengembangkan Potensi dalam diri Mahasiswa di dialam Organisasi, serta dengan adanya LDKM ini maka dapat semakin berkembang juga Organisasi di SaintekMu ini."


Dalam kegiatan tersebut narasumber yang memberikan bekal dalam segala hal kepemimpinan antara lain :


Ikhsan Hakim, S.Pd.I,. M.S.I. Kepala Lembaga Pengembangan, Pengakjian dan Pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LP3-AIK) Universitas Saintek Muhammadiyah atau biasa kita sebut sebagai pak Ikhsan Hakim, M.S.I membawakan Materi yang bertemakan Islam Berkemajuan (Bermuhammadiyah) yang mana pentingnya seorang pemimpin dalam islam serta bagaimana pandangan Muhammadiyah dalam hal organisasi yang mana membuat Muhammadiyah tersistematis dalam mengatur segala yang ada di dalam lembaganya tersebut.


Mohammad Taufik F. (Wakil Presiden Mahasiswa SaintekMu). Dalam materi yang dibawa oleh Wapresma kita yaitu Bang Taufik, membawakan materi yang bertemakan Organisasi dan Lembaga Kemahasiswaan yang menjelaskan tentang pentingnya organisasi dalam kemasiswaan merupakan salah satu saran dalam mengembangkan minat bakat kita dalam keorganisasian, disana juga dijelaskan tentang berbagai organisasi yang ada dalam sebuah Institut ataupun Universitas.


Rossa Octaviana Putri (Biro Administrasi BEM SaintekMu). Dalam Materi selanjutnya dalam LDKM, dibawakan oleh Biro Administrasi BEM SaintekMu, nyaitu Kak Ocha, yang mana dalam tema materi yang dibawa nyaitu Administrasi Kesekretariatan Organisasi. Yang mana pentingnya Administrasi dalam Organisasi, karena tanpa adanya Administrasi maka perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan dalam Organisasi bakalan tidak teratur atau tanpa arah. Itulah pentingnya Administrasi dalam Ber-Organisasi, dalam hal ber-organisasi sendiri kita harus paham tentang Planning, Arranging, Collecting, Recording, Processing, Controling, Transferling & Filling.


Mushab Umair Fadillah (Presiden Mahasiswa SaintekMu). Materi terakhir dalam kegiatan LDKM dibawakan oleh Presiden Mahasiswa SaintekMu atau Bang Ubay, yang mana temanya tersebut ialah Arti Pemimpin dalam Ber-Organisasi, yang mana menjelaskan secara runtut arti sebuah pemimpin, dimana seorang pemimpin harus memeliki aura karismatik dalam dirinya untuk memimpin Organisasinya untuk mengeluarkan ide & gagasan yang selanjutnya dikembangkan untuk memajukan Organisasi tersebut, seorang pemimpin juga harus bisa mengayomi dan memeluk erat anggotanya.


Semoga dengan adanya kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa ini membawa hal yang positif kedepannya dalam perkembangan potensi diri Mahasiswa SaintekMu dan perkembangan dalam Organisasi SaintekMu.