Dewi Estri Jayanti Harahap, M.Kom

Dewi Estri Jayanti HarahapBlog

Learning Automata-Based QoS Framework for Cloud IaaS

Dewi Estri Jayanti Harahap Dec 08, 2022 17:06 200
Learning Automata-Based QoS Framework for Cloud IaaS

Abstrak—Makalah ini menyajikan Learning Automata (LA)-kerangka QoS (LAQ) framework mampu mengatasi beberapa tantangan dan tuntutan berbagai aplikasi cloud. kerangka kerja LAQ yang diusulkan memastikan bahwa sumber daya komputasi  digunakan dengan cara yang efisien dan tidak digunakan secara berlebihan atau kurang dimanfaatkan oleh aplikasi konsumen. Penyediaan layanan hanya dapat dijamin dengan terus memantau sumber daya dan mengukur berbagai metrik QoS, sehingga layanan bisa disampaikan secara on-demand dengan tingkat jaminan tertentu. Kerangka yang diusulkan membantu memastikan jaminan dengan metrik ini untuk menyediakan layanan cloud yang mendukung QoS. Kinerja sistem yang diusulkan dievaluasi dengan dan tanpa LA, dan terlihat bahwa solusi berbasis LA memperbaiki kinerja sistem dalam hal waktu respon dan mempercepatnya.

Ketentuan Indeks—QoS, komputasi awan, learning automata (LA), perjanjian tingkat layanan (SLA), infrastruktur sebagai layanan (IaaS).



Kesimpulan: Dinamisme dalam alokasi sumber daya membuatnya sulit memastikan QoS untuk aplikasi yang berjalan di cloud. Mempertimbangkan hal ini, kami mengusulkan QoS (LAQ) berbasis LA sistem untuk cloud IaaS, yang berguna untuk komputasi aplikasi. Sistem QoS berbasis LA tidak hanya meningkatkan kinerja mesin komputasi virtual, tetapi juga memastikan bahwa semua persyaratan yang disepakati dipenuhi oleh provider. hal ini dibangun melalui berbagai kinerja eksperimen analisis pada metrik QoS. Waktu merespon, kecepatan eksekusi paralel, dan prioritas pekerjaan adalah QoS metrik yang digunakan untuk memilih sumber daya dengan bantuan LA. Jadi, sumber daya komputasi yang dipilih menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan sumber daya yang dipilih melalui metode.


Referensi:

Misra, S., Krishna, P. V., Kalaiselvan, K., Saritha, V., & Obaidat, M. S. (2014). Learning automata-based QoS framework for cloud IaaS. IEEE Transactions on Network and Service Management11(1), 15-24. doi:10.1109/tnsm.2014.011614.130429