Dewi Estri Jayanti Harahap, M.Kom

Dewi Estri Jayanti HarahapBlog

Sudahkah anda mengenal Jurnal Sibernatika??

Dewi Estri Jayanti Harahap Sep 20, 2022 16:43 337
Sudahkah anda mengenal Jurnal Sibernatika??

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Hello Everyone!!

Seperti Judul nya artikel ini akan memperkenalkan lebih dekat apa itu jurnal Sibernatika.

Mungkin bagi sebagian besar Mahasiswa Universitas Saintek Muhammadiyah pasti sudah mengenalnya dan tidak ada salah nya untuk diperkenalkan kembali yang bertujuan untuk menambah minat supaya bisa submit di Jurnal Sibernatika.


Jurnal Sibernatika diterbitkan oleh Universitas Saintek Muhammadiyah Prodi Teknik Informatika. Jurnal Sibernatika merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pengembangan tentang Artificial Intelligent (Kecerdasan Buatan), Microcontroller, Expert System (Sistem Pakar), Network System, Mobile Computing, Smart System, Software Development, Enterprise Resource Planning, Enterprise Architecture, E-Commerce, Supply Chain Management, Knowledge Management System, Customer Relationship Management, dan Rekayasa Perangkat Lunnak (Software Engineering). Jurnal Sibernatika diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun (April & Agustus). Setiap artike yang diterbitkan di Jurnal Sibernatika melalui proses penilaian oleh Peer Reviewer. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia.


Berdasarkan Modul Open Journal System (OJS) Versi 3, yang dikelola oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Universitas Saintek Muhammadiyah berikut beberapa info penting terkait Jurnal Sibernatika:

1. Panduan Jurnal yang berisi Tutorial Submission Jurnal, Template, Registrasi bisa di download di: http://jurnas.saintekmu.ac.id

2. Alur pengiriman Naskah biasanya melibatkan 4 aktor yakni: Author/Penulis, Kepala Redaksi, Editor, dan Reviewer. Berdasarkan pengalaman submission Jurnal/manuskrip di usahakan sudah menyesuaikan Template yang dianjurkan, penyusunan kata-kata yang baik sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) atau minimal sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selalu cek email agar bisa selalu Update apabila ada permintaan revisi dan lain-lain, Dimaksimalkan merevisi sesuai dengan arahan dari Reviewer tanpa tapi. Re-submit jurnal yang telah direvisi tepat waktu atau secepatnya.

3. Isi Naskah Jurnal terdiri dari: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis, Alamat Email, Abstrak, Bagian Isi (Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil, Pembahasan, Penutup), dan Daftar Pustaka.


Berdasarkan pengalaman menulis daftar pustaka, sedikit share terkait penulisan nya menggunakan style APA, Jadi Daftar isi tidak ditulis manual lagi melainkan sudah menyesuaikan dengan penulisan yang direkomendasikan kepada saya saat itu.

Penulisan Daftar Pustaka bisa juga menyesuaikan menggunakan aplikasi lain misalnya: citefast.com  Menggunakan APA Style caranya:

Buka citefast.com lalu akan muncul menu sbb:


 

Pilih daftar isi yang kamu mau buat termasuk link website, buku, jurnal atau lainnya,

Misalnya Book/buku, lalu kamu isi kan kolom book title, author Contoh: Pengantar Sistem Informasi lalu klik tombol search nanti pasti akan langsung keluar seperti gambar berikut:


 

Pilih judul buku yang sesuai dengan referensi yang kamu inginkan dengan mengklik salah satu nya, nanti akan muncul gambar sbb:

 

Copy dari sini atau save citation deh… Oiya penulisan menyesuaikan style yang kamu pilih, yakni APA6, APA7, MLA8 atau Chicago.

Demikian yang dapat saya bagikan ke teman-teman semuanya... Semoga dapat membantu...


Terima kasih,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.