Drs. Taufiqqurrachman, M.Si

Drs. Taufiqqurrachman, M.SiBlog

Development of CTL-Based Performance Assessmet Instrument on Simple Harmonic Motion Topic

Taufiqqurrachman Jul 20, 2023 21:18 141
Development of CTL-Based Performance Assessmet Instrument on Simple Harmonic Motion Topic

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan alat penilaian kinerja berbasis Contextual Teaching Learning yang valid dan reliabel. Desain pengembangan menggunakan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Langkah penilaian kinerja dilakukan dalam 4 tahap, yaitu:

1) tahap persiapan: penetapan kompetensi, penetapan pedoman penilaian, penyesuaian bahan ajar, pembuatan kisi-kisi instrumen dan pembuatan butir penilaian,

2) tahap pelaksanaan: pelaksanaan uji validasi ahli dan uji lapangan

3) Tahapan scoring

4) Tahap pelaporan.


Hasil penelitian menunjukkan instrumen performance appraisal berbasis Contextual Teaching Learning yang telah divalidasi oleh ahli instrumen memperoleh hasil total sebesar 85,7% dengan kategori sangat baik. Hasil uji lapangan oleh 33 siswa kelas X MA Al-Aisyah menunjukkan validitas dan reliabilitas sangat tinggi dan diperoleh 31 butir soal valid dan 4 soal dinyatakan tidak valid. Nilai rtabel = 0,361 dengan taraf signifikansi uji validitas 5% menggunakan Cronbach's alpha diperoleh rhitung = 0,89. Hal ini membuktikan bahwa instrumen berada pada kategori tinggi sehingga instrumen asesmen kinerja berbasis Contextual Teaching Learning pada materi gerak harmonik sederhana layak untuk digunakan.


https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/issue/view/1403