Nur Rachma, M.Kom

Nur RachmaBlog

Sosialisasi Menjelang Semester Genap dan Tahun Akademik Baru

Nur Rachma Mar 05, 2022 22:32 370
Sosialisasi Menjelang Semester Genap dan Tahun Akademik Baru

Menjelang dimulainya perkuliahan semester genap 2021/2022 dan tahun akademik baru 2022/2023, beberapa dosen tetap dari program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika mengikuti Sosialisasi beberapa program baru yaitu pengenalan Learning Management System (LMS) STMIK Muhammadiyah Jakarta, Matching Fund Hibah Penelitian, Beban Kerja Dosen, serta Evaluasi dan Penyusunan Kurikulum.

Sosialisasi Learning Management System (LMS) dan Matching Fund Hibah Penelitian dipandu oleh Ma'mun Johari, M.Kom, yang merupakan alumni STMIK Muhammadiyah Jakarta yang kini aktif di Universitas Muhammadiyah Banten. Dengan diluncurkannya LMS ini, menjadi satu bukti nyata dalam tata kelola pendidikan yang lebih baik di STMIK Muhammadiyah Jakarta.  Seperti diketahui, Learning Management System adalah aplikasi software yang digunakan untuk kegiatan dalam jaringan atau online yang mencakup pengelolaan materi pembelajaran dan implementasi kegiatan belajar mengajar. Dengan LMS, pihak pendidikan dapat membuat course atau kelas dan mendistribusikannya kepada siswa secara online, hingga kapitulasi catatan penilaian belajar. Kemudahan akses belajar dan mengajar sangat terbantukan dengan kehadiran LMS ini, karena penggunaan LMS dapat mendukung proses pembelajaran menjadi efisien dan efektif.

Sementara Matching Hibah Fund adalah bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara lembaga perguruan tinggi dengan pihak industri (DUDI=Dunia Usaha Dunia Industri). Dengan alokasi dana sebesar total 1 triliun rupiah, Matching Fund menjadi salah satu nilai tambah terbentuknya kolaborasi antara dua pihak melalui platform Kedaireka. Dukungan Matching Fund ini diprioritaskan bagi kolaborasi yang berkontribusi terhadap pencapaian 8 (delapan) indikator kinerja utama perguruan tinggi, salah satunya adalah mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus yang selaras dengan kegiatan belajar MBKM. Sosialisasi ini menjadi penyemangat untuk para dosen untuk berinovasi menciptakan karya berbasis teknologi yang bernilai manfaat bagi pihak industri.

Selepas ishoma dan sesuai kesepakatan sebelum istirahat bahwa untuk sosialisasi BKD akan diadakan pada waktu tersendiri mengingat masih ada beberapa kendala pengaksesan di aplikasi Sister. Kemudian kegiatan berlanjut dengan pembahasan kurikulum dengan membagi kelompok dosen sesuai program studinya. Tim kurikulum prodi TI  beranggotakan saya sendiri (Nur Rachma), Fisa Wisnu, Deni Murdiani, Moch. Arief Sutisna, Faiz Rafdhi, Joko Sarono, Frandika Septa, Dora Bernadisman serta Bambang Subana selaku Kepala Prodi TI. Dan saya diminta untuk memandu pembahasan kurikulum di prodi Teknik Informatika (TI). Dan Tim kurikulum prodi SI beranggotakan Himawan Dwiatmojo, Taufiqurahman, Nur Kumala Dewi, Ria Rosalina, serta Tarisno Amijoyo selaku Kaprodi SI dan Habibah Nurfauziah selaku pemandu diskusi.

Pembahasan kurikulum mengacu pada kebijakan baru Kemendikbud bidang pendidikan tinggi tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu program dari kebijakan MBKM adalah hak belajar tiga semester di luar program studi. Program tersebut merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan perguruan tinggi. Atas dasar tersebut, pembahasan dalam tim berfokus pada capaian profil lulusan (CPL) dan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK). Dan skema MBKM yang  akan diterapkan adalah, 1 semester mahasiswa belajar di luar prodi di dalam perguruan tinggi (semester 5), 1 semester  mahasiswa belajar di luar prodi di luar perguruan tinggi (semester 6) serta semester 1 semester mahasiswa melakukan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi (semester 7) dengan berbagai bentuk kegiatan belajar, diantaranya magang, kewirausahaan, penelitian dan proyek pengabdian kepada masyarakat. Rumusan dari CPL dan CPMK, kemudian akan diuraikan dalam Silabus dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Rancangan Silabus dan RPS dari sekitar 44 mata kuliah ini akan didistribusikan kepada para dosen tetap prodi TI sesuai dengan kompetensi dan rumpun mata kuliahnya.

Kegiatan sosialisasi yang dimulai sejak pagi hari, ditutup dengan beberapa poin ringkasan kegiatan sekaligus penutupan oleh Ketua dan wakil ketua bidang Akademik STMIK Muhammadiyah Jakarta.


Sumber:

https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/learning-management-system

https://kedaireka.id/matchingfund

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/landasan-hukum