Nur Rachma, M.Kom

Nur RachmaBlog

Pemberdayaan Kaum Dhuafa (AIK dan PKM)

Nur Rachma Mar 05, 2022 20:42 455
Pemberdayaan Kaum Dhuafa (AIK dan PKM)

Bertahun-tahun yang lalu bersama adik-adik angkatan kuliah, pernah beberapa kali menyambangi pinggiran sungai Ciliwung untuk kegiatan sosial Gerakan Ciliwung Bersih dan bakti sosial ke warga di pinggiran sungai Ciliwung, Kampung Melayu.
Dan pada hari Kamis, 24 Februari yang lalu, saya kembali bermain ke pinggiran sungai Ciliwung di Cijantung, Jakarta Timur. Lokasi yang menjadi sasaran kegiatan pemberdayaan kaum dhuafa dari mahasiswa semester tiga, sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan, dan saya sebagai dosen pendamping kegiatan, sekaligus pula untuk memenuhi tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.
'Project' kecil ini mengharuskan kami memilih dari sekian banyak warga yang bermukim di pinggiran sungai Ciliwung. Akhirnya terpilihlah satu keluarga kecil dengan tiga orang anak, dua diantaranya masih usia sekolah yang dibantu pendidikannya oleh pesantren sekitar. Penghasilan utama kepala keluarga adalah pengepul barang bekas yang dikumpulkan sedikit demi sedikit setiap hari agar menghasilkan uang untuk kebutuhan rumah tangganya. Sementara istrinya adalah seorang ibu rumah tangga yang sholihah dengan keterbatasan pendengaran dan kemampuan bicara yang kurang jelas (tanpa alat bantu dengar, kami harus membuka masker agar dapat berkomunikasi).
Sumber dana dari donatur kami kelola dengan membelikan alat bantu pendengaran untuk sang istri dan peralatan memasak (kompor, penggorengan dsb) beserta modal usaha makaroni goreng dan mesin press plastik. Selain itu kami belikan juga beberapa ekor ayam dan pakannya sebagai modal usaha ternak yang insyaaAllah jika berkembang biak dapat dijual atau dikonsumsi sendiri. Semua modal usaha tersebut kami dampingi dengan praktek membuat makaroni goreng hingga siap dijual serta penyuluhan tentang ternak ayam. Dan pendampingan ini akan terus kami pantau setiap bulan hingga bulan ketiga atau hingga bantuan usaha tersebut berjalan dengan baik.
Mohon doanya agar usaha kecil ini dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan anak-anak mereka yang sholih dan sholihah dapat terus bersekolah dan mengangkat derajat keluarganya menjadi lebih baik.
Terima kasih kepada Faiz Rafdhi selaku dosen pengampu mata kuliah AIK, para donatur dosen-dosen, STMIK Muhammadiyah Jakarta & Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta.
Terima kasih juga kepada para mahasiswa semester 3 yang selalu semangat dalam kegiatan ini, Ghina Salsabila Pramudya, Mushab Umair Fadillah, Hasri Maulia, M. Taufik Fadhlurrohman dan Rossa Oktaviana Putri.

Baarakallahu fiikum...