Habibah Nurfauziah, S.Kom, M.Si

Habibah NurfauziahBlog

1 4073 0

Pengenalan Scratch Pemula, Simulasi logika berpikir anak-anak

Habibah Nurfauziah Sep 09, 2024 13:00 129
Pengenalan Scratch Pemula, Simulasi logika berpikir anak-anak

Anak anak dan games, memiliki hubungan yang sangat erat sekali di era digitalisasi saat ini, seolah tak terpisahkan. namun, terpapar games yang tak terkontrol, akan mebuat otak anak terbiasa berpikir instan. Fenomena ini seolah menjadi 2 sisi mata uang yang tak terelakan. Sebuah tantangan bagi orangtua dan pendidik dalam mencari titik tengah dari kedua sisi tersebut.


Agar anak anak tetap bisa memainkan permainanya via gadget, namun juga tak mengelakan sisi berpikirnya, maka  salah satu solusinya adalah mengenalkan pembelajaran koding kepada anak anak. Mengapa? karena dengan belajar koding, anak tak hanya menjadi pemain, tapi bisa melatih dirinya mampu memproduksi dan membuat berbagai macam games, karena salah satu manfaat utama belajar koding adalah mengajarkan anak anak untuk menyelesaikan masalah secara berurut dan sistematis, tidak boleh ada bagian yang diskip. Dengan belajar koding juga akan melibatkan identifikasi masalah, pemecahan masalah, dan merumuskan solusi. Ini mengajarkan anak-anak bagaimana cara memecahkan masalah besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah dipecahkan.

 

Belajar coding juga membantu anak-anak mempersiapkan dirinya sendiri untuk masa depan di era digital yang semakin berkembang pesat. Dengan teknologi menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, pemahaman tentang coding memberikan pondasi yang kuat untuk kelak memasuki dunia kerja yang penuh dengan inovasi teknologi. Ini membuka pintu bagi banyak peluang karir di berbagai industri yang diharapkan akan  terus berkembang.


Scratch adalah bahasa pemrograman grafis yang dapat digunakan secara gratis dan memungkinkan anak anak belajar membuat program tanpa memikirkan benar atau salah penulisan secara sintaksis. Dengan fitur drag and drop balok pemrograman, anak anak dapat belajar program sambil bermain dan menghasilkan projek cerita, games, animasi, musik, seni dan presentasi. Kategori balok pemrograman dibedakan berdasarkan warna-warna, dan balok-balok tersebut dapat cocok disusun jika pengertian komputasinya sesuai, sehingga pengguna dapat fokus belajar logika pemrograman tanpa mendapatkan kesalahan error karena sintaksis. Scratch dibuat oleh MIT Media Lab dari Massachusetts Institute of Technology dan dapat digunakan secara online dengan mengakses pada laman berikut: https://Scratch.mit.edu/ atau offline dengan install installer-nya terlebih dahulu di komputer masing-masing.


Dalam keseluruhan, Scratch adalah alat yang sangat berguna untuk mempelajari dasar-dasar pemrograman dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Dengan Scratch, pemula dapat memahami konsep pemrograman dasar tanpa harus belajar bahasa pemrograman yang kompleks.

Kegiatan bundaku guruku pada SD CAhaya Quran Cilodong Depok ini dilaksanakan pada hari Jumat, 30 Agustus 2024, mengambil tema Scratch untuk pemula, simulasi logika berpikir dan safety internet, dibawakan oleh dosen Universitas Saintek Muhammadiyah, Habibah Nurfauziah, S.Kom, M.Si dan Karina Wulandari, SE, M.Fin, PhD (c), dosen dari Universitas Indonesia.


Kegiatan berjalan ceria, seru dan menyenangkan. Diharapkan kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen ini dapat membantu anak anak dalam meningkatkan keterampilan kreatif dan berpikir logis, namun tetap dalam koridor yang aman untuk usia anak anak, karena hal ini merupakan keterampilan penting di dunia digital saat ini.

WELCOME TO BLOG
Habibah Nurfauziah